Momen Spesial Ramadhan dan Menyambut Lebaran

IklanVideotron.com – Bagi umat muslim, momen spesial lebaran merupakan sebuah momen yang dinanti-nanti untuk berkumpul bersama keluarga. Nah dari momen lebaran ini akan ada fenomena mudik. Mudik tidak hanya dilakukan oleh umat muslim saja, namun juga sebagian penduduk di Indonesia.

Namun tahukah Anda, di balik suasana religiusnya, bulan suci Ramadhan dan momen Lebaran ini menyimpan potensi yang sangat menjanjikan bagi bisnis? Bulan Ramadhan dan momen Lebaran dapat menjadi “pintu gerbang” kesuksesan bisnis hingga akhir tahun nanti.

Jadi, sudah siapkah Anda?

videotron indonesia, jual videotron, harga videotron, perkembangan videotron, teknologi videotron, keunggulan videotron, jual running text, LED Display, running text indonesia, pusat running text, harga running text

Data tersebut menunjukkan mengenai prosentase pencarian yang berhubungan dengan Ramadhan. Dapat dilihat bahwa pencaran  sudah mulai sejak satu minggu sebelum bulan suci berjalan. Kemudian, jumlah pencarian mencapai puncak pada minggu pertama. Setelahnya, jumlah pencarian mengalami sedikit penurunan sebelum mencapai tingkatan puncak sekitar satu pekan menjelang Idul Fitri.

 

Tren ini berhubungan dengan jumlah pengguna internet di Indonesia. Seperti yang Anda ketahui, sekitar 61% penduduk Indonesia telah menggunakan smartphone, sedangkan hanya sekitar 17% menggunakan desktop. Malahan, rataan penggunaan perangkat mobile tercatat sangat tinggi, mencapai 5,5 jam per hari!

Momen Ramadhan dan Lebaran adalah Momen Berbelanja

Percaya atau tidak, bulan Ramadhan adalah bulan berbelanja. Secara umum, berbagai macam komoditas mengalami peningkatan yang cukup signifikan. Singkat kata, mau jualan apa saja pasti laku keras.

 

Lima kategori mencapai peningkatan pencarian tertinggi: pakaian, travel, smartphone, telco (operator telekomunikasi), dan perangkat elektronik.

Jika bisnis Anda berhubungan dengan kategori yang saya sebutkan di atas, peluang Anda mendapatkan keuntungan lebih besar dari momen Ramadhan terbuka sangat lebar.

Misalnya pakaian. Perayaan Idul Fitri identik dengan baju baru. Baju yang seperti apa? Tentu yang berkaitan dengan Ramadhan, seperti baju koko untuk pria dan gamis untuk wanita. Sajadah dan mukena juga termasuk dalam produk yang banyak dicari dalam kategori ini.

Permintaan tiket perjalanan dan persewaan kendaraan juga biasanya meningkat drastis selama Ramadhan. Ini tidak terlepas dari kebiasaan mudik orang Indonesia beberapa hari menjelang Idul Fitri. Tampilkan bisnis berkategori travel Anda dan dapatkan keuntungan yang tidak terduga!

Sementara itu, kategori smartphone dan perangkat elektronik memiliki sifat yang mirip. Banyak orang membeli smartphone serta perangkat elektronik untuk hadiah hari raya.

Banyaknya pengguna smartphone secara umum juga berkaitan dengan meningkatnya pencarian yang berhubungan dengan telco atau perusahaan telekomunikasi. Tiap smartphone tentu membutuhkan operator jaringan, bukan? Interaksi seperti bertukar ucapan selamat hari raya jelas memerlukan pulsa dan paket data. Jika bisnis Anda berada dalam kategori ini, jelas Anda dapat memanfaatkannya dengan memberikan promo menarik, misalnya.

Hey, masih ada lagi. Gambaran di atas baru menggambarkan sebagian kategori yang mengalami peningkatan pencarian selama Ramadhan. Di luar itu masih ada kategori lain seperti kecantikan, kesehatan, dan kebugaran.

Kuliner juga banyak diminati selama Ramadhan

Demikian halnya jika Anda berada di bisnis makanan, bulan Ramadhan merupakan momen yang baik bagi Anda. Selain berbelanja, Ramadhan adalah soal makanan!

Selama bulan puasa, waktu makan adalah saat spesial. Selain karena lebih terbatas (sahur dan berbuka puasa), waktu makan juga merupakan saat yang tepat untuk berkumpul bersama keluarga. Alhasil, banyak orang ingin memanfaatkan waktu ini seistimewa mungkin.

videotron indonesia, jual videotron, harga videotron, perkembangan videotron, teknologi videotron, keunggulan videotron, jual running text, LED Display, running text indonesia, pusat running text, harga running text

Hal ini berguna bagi Anda yang berbisnis kuliner dan berencana menyediakan menu bertemakan Ramadhan. Pencarian yang berkaitan dengan menu puasa, aneka sayur, kue kering, dan menu lebaran bertambah dengan signifikan!

Apa yang Bisa Anda Lakukan?

Nah untuk memanfaatkan momen tersebut sebagai pelaku bisnis harus mulai mnggencarkan aksi promosinya terkait dengan produk/jasanya. Selain itu ada beberapa

1. Sasar Segmen Keluarga

Berkumpul bersama keluarga menjadi tema yang sangat menarik selama Ramadhan. Tidak hanya selama Ramadhan saja, Anda dapat melanjutkannya hingga Idul Fitri.

Banyak brand besar telah sukses mempraktikkan hal ini. Jika tidak percaya, silakan lihat iklan di televisi atau Youtube, misalnya. Jika Anda perhatikan, iklan produk apapun di bulan Ramadhan pasti bertemakan keluarga.

Misalkan Anda berjualan makanan. Anda dapat menampilkan gambar keluarga sedang berbuka puasa bersama. Atau, setidaknya, tampilkan citra bahwa mereka sedang menghabiskan waktu bersama.

2. Buat Kampanye yang Identik dengan Ramadhan

Tentu hal ini penting. Jika Anda tidak menyesuaikan konten pemasaran Anda selama Ramadhan, bisa-bisa jumlah kunjungan ke website Anda menurun drastis. Jumlah interaksi pada kampanye iklan Anda di media sosial pun bisa jadi mendadak senyap.

Semisal ini tidak terjadi, besar kemungkinan munculnya anggapan bahwa Anda kurang sensitif memanfaatkan momen.

Nah, selama bulan Ramadhan Anda perlu membuat kampanye yang identik dengan bulan suci ini. Anda perlu mengganti seluruh citra visual website dan kampanye iklan Anda berkenaan dengan Ramadhan.

Kami sangat menyarankan penggunaan warna hijau yang identik dengan bulan Ramadhan. Di samping itu, penggunaan simbol khas lain seperti bedug, ketupat, dan bulan sabit juga perlu Anda tampilkan untuk memperkuat kesannya. Lebih jauh lagi, jika Anda menggunakan foto model, penggunaan baju koko untuk pria serta gamis untuk perempuan akan membuat segalanya lebih serasi!

3. Fokus pada Produk Terlaris

Produk atau layanan terlaris di bulan lalu belum tentu menjadi yang paling laris selama Ramadhan. Kami sangat menyarankan Anda untuk melakukan riset terlebih dahulu sebelum mulai memfokuskan bisnis pada produk terlaris.

Terkadang, selama bulan Ramadhan para calon pelanggan tidak terlalu sensitif soal harga. Murah tentu akan dicari, tapi semisal mahal pun juga tetap akan laris. Ingat, di bulan ini calon pelanggan dari segmen pegawai biasanya mendapatkan THR sehingga mereka memiliki daya beli lebih tinggi dibandingkan bulan-bulan sebelumnya.

Produk seperti apa yang akan laris? Tentu produk yang berhubungan dengan kebutuhan Ramadhan serta Idul Fitri. Seperti yang telah kami beritahukan sebelumnya, produk laris ini mencakup kebutuhan dasar seperti makanan dan pakaian, tiket dan jasa perjalanan, hingga gadget seperti smartphone untuk bingkisan.

AYO BERIKLAN SEKARANG JUGA DI VIDEOTRON

Facebooktwittergoogle_pluspinterestlinkedin
0

Your Cart